Tips Aman Bertransaksi Di Media Sosial

Dipublikasikan oleh Afarateen pada

Banyaknya pengguna media sosial membuat banyak orang memanfaatkan platform tersebut sebagai ladang bisnis mereka. kemudahan untuk mempromosikan produk, membuat banyak pebisnis memilih media sosial sebagai platform mereka untuk memasarkan produk. dalam bertransaksi di media sosial juga tidak sembarangan. Ada berbagai aturan main yang seringkali di pakai oleh para penjual produk/jasa yang mempromosikan produk mereka di media sosial.

Hal ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan penipuan di media sosial. korban penipuan online di media sosial sudah sangat banyak, mungkin setiap hari ada ratusan kasus baru yang terjadi. sebagian korban tidak melaporkan kasus penipuan itu, sehingga membuat penipu merasa aman. besar atau kecilo jumlah uang yang ditipu, korban di harap melapor agar tidak ada lagi korban berikutnya yang tertipu.

Dengan adanya banyak kasus penipuan, pengguna media sosial harus lebih berhati-hati. selain kenyamanan pembeli, faktor keamanan bertransaksi juga sangat penting. untuk bertransaksi di media sosial ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar lebih aman. baca ulasanya di bawah ini.

Bertransaksi Dengan Sumber Terpercaya

Jika kamu bertransaksi dengan perorangan ataupun toko online yang di kelola perseorangan, kamu harus waspada. ada banyak toko online terpercaya di media sosial, baik milik perusahaan atau perseorangan. toko online yang bisa anda percaya adalah toko online yang berbadan hukum resmi seperti Pt atau Cv. anda harus waspada jika orang yang ingin bertransaksi dengan anda memiliki identitas yang tidak jelas. jangan mudah percaya dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Memori Internal Samsung J2 PRO Yang Penuh

Perbanyak Review

Sebelum melakukan transaksi, anda juga perlu mencari review dan pengalaman dari orang yang telah bertransaksi dengan toko online yang akan bertransaksi dengan anda tersebut. dengan banyaknya pengalaman pembeli dan rveiew yang kamu dapatkan, kamu bisa menentukan pilihan apakah percaya dengan toko tersebut atau tidak. jika kamu ragu, kamu bisa membatalkan transaksi. review ini sangat penting untuk melihat kualitas dari toko tersebut.

Jika Ragu Tidak Usah

Anda punya hak untuk membatalkan transaksi, kesepakatan apapun jika anda tidak yakin dengan toko tersebut. anda juga bisa membatalkan transaksi, dengan catatan barang tidak di pesan dan di persiapkan sebelumnya. jika anda memesan barang seperti sepatu, kemudian toko tersebut telah menyediakanya. kemudian anda membatalkanya, itu akan merugikan toko tersebut. apalagi toko yang hanya memproduksi barang ketika ada pesanan. untuk itu, jangan langsung memesan jika anda ragu. anda perlu menunggu sampai anda benar-benar yakin dengan toko tersebut.

Pergunakan Jasa pengamanan Transaksi

Jika anda mempunyai uang lebih, anda bisa memakai jasa pengamanan transaksi. jasa ini biasanya di sebut rekber atau rekening bersama. cara kerja dari rekber ini adalah sebagai pihak pengumpul, dimana sang rekber akan menahan uang anda yang akan di kirim ke pembeli. rekber akan mengirimkan uangnya ke penjual jika produknya telah di terima oleh pembeli dengan baik sesuai kesepakatan. ada berbgai cara yang dilakukan oleh pihak rekber ini untuk mengamankan transaksi anda. anda akan memberikan komisi atau uang bayaran kepada pemilik jasa rekber tersebut sesuai kesepakatan ataupun tarif khusus yang mereka kenakan.

Baca Juga :  Tips Agar Terhindar Dari Kejahatan Di Media Sosial

Jasa rekber ini juga ada yang berbadan hukum resmi seperti p-store. banyak sekali transaksi yang sukses mereka lakukan dan bernilai cukup besar. lihat lainya di https://www.facebook.com/pistore.net/ atau https://p-store.net/. saya tidak mempromosikan p-store, itu hanya sebagai contoh saja karena kebetulan jasa rekber p-store salah satu yang paling popular.

Kategori: Tekno